kasus compaq komputer

Posted: 3 Desember 2009 in makalah universitas

PERENCANAAN STRATEGI MANAJEMEN

KASUS COMPAQ COMPUTER

  1. I. PENGANTAR

Asia Pasifik adalah masa depan teknologi informasi dunia. Bayangkan: hampir dua pertiga penduduk dunia mendiami wilayah ini. Produsen TI terbesar pun ada di sana. Sayang, sangat tergantung pada pasar Amerika Serikat. HP menghadirkan produk, layanan dan solusi terbaru yang didesain untuk mentransformasikan virtualisasi agar teknologi ini dapat memberikan keuntungan bisnis yang lebih besar . Virtualisasi adalah langkah signifikan untuk mentransformasikan TI. Melakukannya dengan benar berarti berhasil mengatur dan mengotomatiskan beragam lingkungan fisik dan virtual. HP menghadirkan portofolio terbesar di industri ini yang mencakup lingkungan tervirtualisasi, manajemen operasional dan aplikasi, infrastruktur dan arsitektur klien serta layanan pendukung lainnya, kata Tony Parkinson, Vice President, Enterprise Storage and Servers, HP Asia Pasifik & Jepang.

Sukses atau gagalnya suatu perusahaan dalam kondisi persaingan sangat dipengaruhi oleh berbagai factor, apalagi jika perusahaan tersebut adalah produsen suatu produk yang umum dipasar. Salah satu factor penting yang tidak mungkin dikesampingkan adalah marketing, karena tanpa didukung suatu strategi yang matang dalam bidang marketing sebagus apapun produk yang dihasilkan sangat mungkin tidak dikenal oleh konsumen. Strategi marketing dengan segala komponennya baik itu yang berkait dengan Product (produk yang dihasilkan perusahaan), Price (harga yang ditetapkan), Promotion (iklan produk yang dihasilkan ataupun Distribution (saluran distribusi yang digunakan) sangat berpengaruh terhadap keberhasilan produk untuk memenangkan persaingan.

  1. II. TINJAUN PUSTAKA

Perusahaan bisnis multidevisional besar, biasanya memiliki tiga level strategi, yaitu strategi korporasi, strategi bisnis dan strategi fungsional. Strategi korporasi menggambarkan arah perusahaan secara keseluruhan mengenai sikap perusahaan secara umum terhadap pertumbuhan dan manajemen berbagai bisnis dan lini produk untuk mencapai keseimbangan portofolio produk dan jasa. Strategi bisnis atau strategi bersaing biasanya dikembangkan dalam level devisi dan menekankan pada perbaikan posisi persaingan produk barang atau jasa perusahaan dalam industri khusus atau segmen pasar yang dilayani oleh devisi tersebut. Strategi fungsional menekankan terutama pada pemaksimalan sumberdaya produktivitas, misalnya strategi pemasaran, strategi keuangan, strategi sumberdaya manusia, strategi operasi dan strategi penelitian dan pengembangan.

1. Strategi Korporasi

Strategi korporasi terdiri dari strategi korporasi bisnis tunggal dan strategi korporasi multibisnis. Strategi korporasi bisnis tunggal adalah strategi korporasi yang berorientasi pada pertumbuhan dan industri yang akan menjadi tempat bersaing. Sedangkan korporasi multibisnis tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan dan industri yang akan menjadi tempat bersaing, tetapi juga pengelolaan unit-unit bisnisnya untuk mencapai sinergi.

1.1 Strategi Korporasi Bisnis Tunggal

Strategi korporasi bisnis tunggal terdiri dari strategi pertumbuhan, strategi stabilitas dan strategi pengurangan. Strategi pertumbuhan meliputi strategi pertumbuhan terkonsentrasi dan strategi pertumbuhan terdiversifikasi. Strategi stabilisasi mencakup strategi berhenti sementara dan strategi stabilitas laba. Sedangkan strategi pengurangan dapat berupa strategi berputar, strategi jual habis dan strategi likuidasi.

Strategi pertumbuhan terkonsentrasi merupakan strategi perusahaan yang berekspansi dalam industri yang sekarang, baik melalui integrasi vertikal maupun integrasi horisontal. Perusahaan yang menggunakan pengetahuan dari tangan pertama dan melibatkan secara mendalam dengan segmen produk yang spesifik untuk menjadikan kekuatan bersaingnya luar biasa dalam industri mereka.

Strategi pertumbuhan terkonsentrasi melalui integrasi vertikal adalah mengambil alih fungsi yang semula dilakukan pemasok (integrasi ke belakang) atau distributor (integrasi ke depan). Untuk meningkatkan posisi bersaing, jika perusahaan melakukan integrasi ke belakang, maka yang harus dilakukan adalah minimisasi biaya akuisisi sumberdaya dan operasi yang tidak efisien. Sedangkan, jika melakukan integrasi ke depan, maka yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas dan distribusi produk yang dampaknya menambah kompetensinya untuk memperoleh keunggulan kompetitif yang lebih besar.

Strategi pertumbuhan terkonsentrasi melalui integrasi horisontal adalah strategi pertumbuhan melalui akuisisi satu atau beberapa korporasi sejenis yang beroperasi pada tingkat rangkaian produksi-pemasaran yang sama.

Menurut Webter’s New World Dictionary, definisi strategi ádalah ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi militer berskala besar. Strategi adalah bagaimana menggerakkan pasukan ke posisi paling menguntungkan sebelum pertempuran aktual dengan musuh.

Sedangkan Jack Trout dalam bukunya Trout On Stategy, inti dari strategi adalah bertahan hidup, persepsi, menjadi berbeda, persaingan, spesialisasi, kesederhanaan, kepemimpinan dan realitas. Menggunakan strategi yang baik adalah bagaimana bertahan hidup dalam dunia kompetitif. Kunci sukses adalah memahami dasar-dasar bisnis. Dasar bisnisyang nomor satu adalah merancang dan mempertahankan strategi yang jelas dan terfokus. “Kami sudah lama menjadi perusahaan yang sukses sekali, tetapi sukses bisa menjadi musuh yang paling buruk. Kami ingin berhati-hati agar kami tidak terlalu percaya diri. Beberapa orang menggunakan kata angkuh. Dalam keadaan sukses seperti kami, kami tidak ingin merasa puas. Kami ingin mendekati setiap hari dengan ketidakpuasan yang sehat dengan status quo” kata Arnold Langbo, CEO Kellog Company.

Strategi yang jelas dan pendukung yang matang mungkin tidak akan bermanfaat, jika perusahaan gagal melaksanakannya dengan cermat. Menurut McKinsey Consulting Firm, strategi hanyalah satu dari tujuh unsur yang ditunjukkan oleh perusahaaan yang dikelola dengan baik. Kerangka keberhasilan usaha 7-S dari McKinsey. Tiga unsur pertama strategi (strategy), struktur (structure), dan sistem (systems) dianggap sebagai “perangkat keras” keberhasilan. Empat unsur selanjutnya gaya (style), staf  (staff) ketrampilan (skill) dan nilai bersama (shared value) adalah perangkat lunaknya.”

  1. III. KASUS
    1. 1. Babak Baru

Merger besar-besaran yang dilakukan Compaq  dengan DEC tak cuma soal peningkatan peringkat Compaq semata-mata, tetapi akan menjadikan  perusahaan yang ‘hanya’ merupakan pemain generasi  PC yang dikenal penuh dengan keliaran dan tipu-  muslihat, menjadi sebuah perusahaan liga utama  teknologi tinggi, yang berperan besar dalam  memenuhi kebutuhan dunia sistem informasi yang  kian kritis dan ruwet kebutuhannya tersebut.  Merger akan menempatkan Compaq sebagai sebuah  perusahaan yang mampu memenuhi semua  kebutuhan akan perangkat keras dan lunak sistem  informasi dari hulu ke hilir. bayangkan saja, Compaq  bakal mampu menreima permintaan mulai dari  komputer genggam yang harganya sekitar 600 USD  sampai dengan server kelas super yang  berkemampuan bebas kesalahan, yang harganya  konon mencapai 2-juta USD sebijinya.

Compaq juga akan menjadi komandan atas regu-regu  yang bergerak di sektor jasa servis dan konsultan  sistem milik DEC yang saat ini berkekuatan sekitar  22-ribu personil. Semua juga sudah tahu, kalau ke- 22-ribu personil itulah yang selama ini sebagai pendukung dan berada di balik sukses aktivitas pengolahan data di berbagai korporasi raksasa di seantero dunia itu. Untuk diketahui pula, pasar inilah yang selama tiga tahun terakhir sangat diincar Compaq Perubahan-perubahan yang terjadi di dunia komputer saat ini bergerak sangat cepat, dengan berbagai isu pentingnya. Perusahaan-perusahaan lebih memilih untuk menukar sistem komputasinya dari penggunaan mainframe ke bentuk-bentuk server  tangguh yang harganya lebih miring. Selain itu, pergantian milenium juga banyak mempengaruhi kebutuhan software baru yang mampu membantu perusahaan tersebut untuk bisa tetap lekat dengan jutaan simpanan data yang dimiliki saat ini. Secara bersamaan, perubahan-perubahan juga berlangsung amat cepat dari model pengolahan data jaringan biasa ke bentuk-bentuk operasi pengolahan data yang dekat-dekat ke Internet, yang sudah terbukti mampu mengantar olah data jaringan secara global tersebut. Pendekatan ke bentuk-bentuk jaringan Internet juga dengan maksud untuk lebih mendekatkan perusahaan ke para pelanggan maupun suplier.  Pasar yang berlimpah saat itulah yang kini bakal dimasuki oleh Compaq yang telah mengakuisisi  DEC. rasanya, Compaq bakal dengan leluasa untuk berkemampuan memenuhi permintaan di berbagai front pasar, dengan amunis marketing yang sulit .. disaingi, yaitu harga yang bersaing, sistem komputasi bertenaga, yang didukung oleh puluhan ribu kader-kader ahli di bidang konsultasi sistem serta instalasi untuk memelihara gerak maju kebutuhan di dunia teknologi tinggi (abad)  mendatang. Langkah Compaq selanjutnya bukannya sebuah jalan mulus yang siap terkam, tetapi adalah sebuah jalan yang penuh tantangan. Dengan merger kekuatan antara Compaq dan DEC tersebut telah mengantarkan Compaq pada wilayah pasar kelas atas, yang selama ini menjadi dominasi dari sejumlah pemain beken, macam IBM, Hewlett Packard dan Sun Microsystems. Otot-otot Compaq diperkirakan akan semakin kukuh, dan berada dalam tataran yang seimbang dengan dua perusahaan yang selama ini mampu menyetir komputer ke arah maunya mereka, Microsoft dan Intel.

Pasar Microsoft dan Intel bukan pasar remeh. Dari Microsoft saja, sudah terbukti kalau perusahaan ini, melalui produk sistem operasi Windows-nya, telah menguasai pangsa sebesar 87% dari komputer dunia. Belum lagi Intel, yang chipnya telah terpasang di 89% komputer dunia, senilai 21-miliar USD. Duopoli itu bahkan punya julukan beken,Wintel.Compaq boleh dibilang sebagai penjaja terbesar untuk software sistem operasi Windows serta chip Intel. Maklum, Compaq aakan menjadi sebuah penghasil komputer PC yang terbesar nantinya. Jika sebelumnya Compaq masih belum main di papan atas, yang mengelola data dari manajemen inventori ke olah data keuangan yang kompleks, maka kini berkat dukungan para ahli DEC, yang dikenal memiliki armada ahli yang terlatih dalam mengoperasikan sistem operasi Windows NT. Tak kurang dari Bill Gates sendiri yakin, kalau para pelanggan Compaq masih akan menerima layanan khas Compaq yang menggunakan harga sebagai alat saing, bahkan untuk layanan kelas atas dari para personil DEC. Bill Gates yakin akan kemampuan unggul yang dimiliki Compaq dalam melakukan integrasi atas sistem yang ada saat ini. Gabungan kemampuan tiga perusahaan tersebut, Microsoft, Intel dan Compaq, diramalkan bakal menjadi sebuah kekuatan besar. Windows NT akan menemukan formatnya yang pas untuk mengganjal Unix, bahkan mainframe. Saat ini saja, Windows NT sudah menguasai pangsa sebesar 40%, naik 80% dari tahun silam. Trio ini jelas bakal beradu dada dengan IBM, Sun Microsystems, Silicon Graphics, serta perusahaan sejenis yang lain.

2.    Penerapan E-commerce pada Perusahaan Compaq

E-Commerce adalah transaksi online dari pembelian dan penjualan produk dimana bisnis tersebut dilakukan melalui internet. E-commerce pada perusahaan Compaq bekerja sama dengan perusahaan Commerce One, Inc. Program e-commerce tersebut bernama The Commerce Chain Solution. The Commerce Chain Solution terdiri dari Commerce One BuySite dan Commerce One MarketSite. BuySite adalah aplikasi pada internet yang dapat bekerja secara otomatis dalam memproses order dari pelanggan. Sedangkan MarketSite adalah situs pasar yang dapat membuka jaringan dan memproses secara otomatis interaksi antara pelanggan dengan pemasok dari pemesanan sampai pembayaran produk. Dengan e-commerce, Compaq mendapatkan banyak manfaat antara lain efisiensi perusahaan meningkat, biaya operasional mengecil, dan mempunyai workflow yang bekerja secara otomatis.

3.    HP Menargetkan Usaha Kecil dan Menengah dengan Penawaran Teknologi Baru

Jaringan Partner, Solusi HP yang Terjangkau Meningkatkan Dukungan Lokal, Keahlian dan Nilai Tambah bagi Pasar Usaha Kecil dan Menengah HP (NYSE:HPQ) hari ini meluncurkan penawaran teknologi baru ” mencakup sebuah jaringan partner, PC notebook, server untuk level pemula, serta serangkaian layanan terpadu ” untuk memberikan layanan, dukungan dan solusi yang dibutuhkan para usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengatasi kebutuhan bisnis yang nyata.

Penawaran ini merupakan kelanjutan dari peluncuran produk HP di bulan lalu, dimana HP memperluas portofolionya dengan produk dan layanan pencitraan (imaging) dan pencetakan yang dirancang khusus bagi usaha kecil.

” Pasar UKM sangatlah penting bagi HP ” ujar Robyn West, wakil presiden untuk pemasaran dan penjualan di pasar UKM, HP Personal Systems Group.”Pengumuman kami hari ini merupakan satu contoh lagi bagaimana HP selalu memberikan apa yang dibutuhkan para konsumen bisnis untuk tetap tumbuh dan berkembang: keandalan yang lebih tinggi, layanan dan dukungan yang lebih banyak, peningkatan keahlian lokal – semua ini dengan harga yang kompetitif. Hal inilah yang menjadikan HP perusahaan yang baik dan tepat untuk berbisnis dalam pasar usaha kecil dan menengah.”

  1. 4. Jaringan Partner Memberikan Dukungan Lokal, Dengan Solusi Khusus

Menyadari bahwa UKM sangat bergantung pada penyedia solusi teknologi lokal, HP meningkatkan program partnerONE-nya untuk mencakup berbagai manfaat baru yang dirancang untuk membantu para penyedia solusi lokal agar semakin efektif dan menguntungkan. Para anggota PartnerONE dengan jenis usaha kecil dan menengah dapat bergabung ke jaringan UKM partnerONE (saat ini terdapat di Amerika Serikat), untuk mendapatkan berbagai alat-alat, manfaat serta dukungan yang terfokus dan berguna, untuk membantu mereka memberikan solusi HP bagi para pelanggan mereka.

“Pembuatan Jaringan UKM partnerONE adalah satu contoh lain kepercayaan HP bagi para penyedia solusi sehingga mereka dapat memberikan solusi khusus dan keahlian lokal bagi para pelanggannya,” ujar Kevin Gilroy, wakil presiden dan manajer umum untuk wilayah Amerika, HP Commercial Channels.

5. Produk-produk Baru untuk Pasar UKM

HP memperkenalkan produk barunya yang dirancang khusus untuk pasar UKM, termasuk notebook PC HP Compaq nx9010, yang dapat dibeli melalui HP dan perusahaan penyedia solusi lokal. Dengan perkiraan harga jual di AS mulai dari $1.549,(1) notebook ini memberikan kinerja, keandalan dan kepraktisan dengan harga yang kompetitif.

Notebook ini menawarkan pilihan opsional teknologi nirkabel 54g, dan memberikan kecepatan transfer data yang lebih besar dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan teknologi LAN nirkabel lainnya. Hal ini memungkinkan para pengguna mobile untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja atau saat dalam perjalanan. Teknologi nirkabel generasi baru ini juga lebih aman, mendukung berbagai fitur sekuriti, termasuk enkripsi WEP (wired equivalent privacy) 128-bit.

Selain itu, HP juga menampilkan HP Server tc2120 yang menjadi standar di industri ini, serta seri server HP ProLiant ML300, yang menyediakan sistem penyimpanan dan manajemen piranti lunak yang andal dan terjangkau bagi para pelanggan UKM, dalam model-model untuk level pemula. Server-server ini mempunyai perkiraan harga di AS mulai dari $549(1) dan dirancang untuk mengatur file, berbagi printer, menjadi host situs web, atau host sebuah database.

Untuk memastikan dukungan back-office yang kokoh, HP dan para penyedia solusinya memberikan solusi-solusi penyimpanan data untuk level pemula yang telah dirancang khusus untuk aplikasi bagi perusahaan yang sedang berkembang, dengan pusat data yang kecil dan lokasi kantor yang jauh.

  1. 6. Layanan Terpadu HP serta Sistem Sewa Guna Usaha (Leasing) Membantu UKM Terus Berkembang

Menurut berita yang diterbitkan dalam majalah CIO,(2) 42 persen perusahaan yang mengalami waktu kerusakan tak terduga, kehilangan sekitar $1.000 per jam waktu kerusakan itu terjadi. Dua puluh enam perusahaan kehilangan sekitar $10.000 per jam waktu kerusakan itu terjadi. Kerusakan yang tak terduga dapat menjadi beban mahal bagi semua jenis perusahaan – khususnya bagi UKM, yaitu perusahaan yang didefinisikan HP sebagai perusahaan yang memiliki kurang dari 1.000 karyawan. Portofolio HP dalam hal layanan terpadu – HP Care Pack – menyediakan dukungan yang dibutuhkan para pelanggan UKM dan memberikan lebih dari sekedar jaminan piranti lunak dan piranti keras dasar. Layanan HP Care Pack dirancang untuk membantu para pelanggan UKM dari waktu kerusakan yang tak terduga, yang dapat mengurangi produktivitas dan keuntungan mereka. Layanan yang mencakup jaminan sampai ke level pekerjaan yang penting ini dapat dibeli langsung dari HP atau melalui perusahaan penyedia solusi HP resmi pada saat pembelian produk dan dapat diperpanjang setelah jangka waktu awalnya habis. Untuk meningkatkan kelangsungan bisnis, HP Financial Services – perusahaan pembiayaan TI terbesar kedua di dunia – menawarkan pilihan sewa guna usaha (leasing) untuk membantu para usahawan kecil memanfaatkan modal investasi dan sumber daya mereka untuk berkembang. Sewa guna usaha juga memberi perlindungan jika TI mulai kuno atau ketinggalan jaman, serta perlindungan terhadap biaya dan kekuatiran akan akhir usia pakai teknologi tersebut.

7 . Kiprah Usaha Terbaru Menyediakan Peluang Kontrak Bagi UKM

HP semakin memperluas eksistensinya dalam pasar UKM dengan bermitra bersama Small Business Administration dan U.S. Chamber of Commerce di bulan Januari untuk meluncurkan Business Matchmaking Program. Diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para usahawan kecil untuk memenangkan kontrak bernilai miliaran dolar, program terobosan ini menyatukan para usahawan kecil dengan badan-badan pemerintahan dan perusahaan swasta untuk saling bertemu membicarakan peluang bisnis yang spesifik.” Inisiatif yang unggul di industri, misalnya seperti Business Matchmaking Program ini, menunjukkan komitmen kami dalam pasar UKM,” jelas West. “Bersama dengan para mitra bisnis, kami bisa memberikan pelanggan UKM suatu dukungan, keahlian, piranti lunak dan piranti keras yang andal, yang membedakan kami dari perusahaan lainnya. Singkatnya, para pelanggan HP ‘mendapat lebih’ dari investasi mereka.”

Tentang HP

HP adalah perusahaan penyedia produk, teknologi, solusi dan layanan global bagi konsumen dan bisnis. Rentang penawaran produk dan layanan perusahaan ini mencakup infrastruktur TI, komputer pribadi dan perangkat akses, layanan global serta pencitraan (imaging) dan pencetakan. HP telah menyelesaikan program akuisisi terhadap Compaq Computer Corporation pada tanggal 3 Mei 2002.

  1. IV. PEMBAHASAN

Knowledge Management adalah disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, mengorganisir, dan mengatur informasi agar para pekerja dapat bekerja dengan lebih cepat dan lebih efektif.

Tujuan penggunaan ilmu ini antara lain :

  1. Menambah keuntungan perusahaan dan menopang inovasi-inovasi yang tercipta dengan membantu orang mengeluarkan idde-ide baru dengan lebih efektif.
  2. Menambah keunggulan perusahaan dengan mengadaptasi perubahan pasar dengan cepat.
  3. Meningkatkan efektifitas organisasi, meningkatkan jumlah profit, dan memperluas informasi.
  4. Meningkatkan kompetensi perusahaan dengan mengurangi waktu pembelajaran untuk karyawan baru dan menjaga agar karyawan yang sudah bekerja tidak keluar dari perusahaan.

Compaq menerapkan knowledge management dengan 3 prinsip utama yaitu :

  1. Mengembangkan intranet, kolaborasi infrastruktur, dan implementasi dari bisnis perusahaan.
  2. Menyediakan pelayanan yang memiliki full-life cycle.
  3. Bekerja sama dengan pelanggan untuk mendukung e-commerce, supply chain dan customer relationship management.

Berdasarkan prinsip tersebut, Compaq mempunyai beberapa program yang diterapkan dalam perusahaannya yaitu :

  1. Compaq inline Ini adalah program intranet yang menyambungkan dengan website, database, messaging, aplikasi dokumen, laporan, dan lainnya.
  2. Compaq services knowledge network Berisi 200.000 halaman informasi yang mencakup dunia. Masing-masing halaman di-manage oleh pemilik halaman yang menyimpan informasi terkini.

III.  Reader’s choice Menyediakan berita, pengumuman, kebijakan untuk pengguna. Dengan cara ini, waktu penyebaran informasi sangat cepat dan otomatis.

IV.  Web Information Repository (WebIR ) Menyediakan karyawan sebuah lokasi pusat untuk mencari, memperbanyak dokumen seperti brosur, dokumentasi teknis.

  1. V. KESIMPULAN

Banyak cara yang dapat dipergunakan perusahaan untuk bisa bertahan dalam kondisi persaingan. Seperti yang dilakukan oleh COMPAQ , untuk mempertahankan segmen pasar mie instan yang telah dikuasainya dengan beberapa cara antara lain :

  1. Diversifikasi produk. Karena dengan cara ini akan dapat menciptakan kesan bahwa segmen pasar yang tersedia telah sempit yang menyebabkan produsen lain enggan untuk ikut masuk ke segmen pasar yang dimilikinya.
  2. Meng-akuisisi produk saingan. Cara ini dapat dilakukan untuk mengurangi peluang persaingan, semakin banyak pasaing yang dapat kita akuisisi berarti semakin memperluas peluang pasar yang kita miliki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s